CariDotMy

 Forgot password?
 Register

ADVERTISEMENT

View: 14112|Reply: 112

[Tempatan] ►►► Kereta Indon Jajah Malaysia ◄◄◄

 Close [Copy link]
Post time 25-10-2013 04:58 PM | Show all posts |Read mode
Bahasa Indonesia Version (English version on the bottom of the post)
Malaysia Comot Mobil Murah Ayla-Agya?            
Produsen mobil nasional Malaysia, Perodua juga kepincut mobil murah.                        

Rabu, 16 Oktober 2013, 11:23                                          
Sandy Adam Mahaputra               
                                                                                                        
                      
        
            VIVAnews - Kehadiran mobil murah Ayla-Agya tidak cuma meramaikan jalanan di seluruh Tanah Air. Mobil 1.000cc kolaborasi Daihatsu-Toyota itu rencananya bakal dipakai sebagai varian baru dari produsen otomotif Malaysia, Perodua.

Domestic Marketing Division Head Astra Daihatsu Motor, Rio Sanggau, tak menampik adanya rencana itu. Menurutnya, Ayla dan Agya yang diproduksi di pabrik Daihatsu, Karawang, Jawa Barat kedepannya memang akan diekspor ke beberapa negara, termasuk Malaysia.

"Memang kita akan ekspor, tapi tidak dalam waktu dekat. Saat ini kita fokus untuk pasar domestik karena permintaannya saja belum bisa terpenuhi dengan maksimal," kata Rio saat berbincang dengan VIVAnews, di sela-sela acara Ekspedisi Terios 7 Wonders, Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur, akhir pekan lalu.  

Rio menjelaskan, kapasitas produksi pabrik Daihatsu masih terbatas, total sampai akhir 2013 hanya mencapai 30.000 unit, masing-masing dibagi dua menjadi 15.000 unit untuk Ayla dan Agya. "Tahun depan kapasitasnya akan ditingkatkan lagi, kalau sudah memenuhi pasar domestik, baru ada rencana ekspor," imbuhnya.

Daihatsu memang bermitra dengan Perodua untuk bermain di pasar Malaysia, di mana Daihatsu Sirion yang dijual di sana berganti nama menjadi Myvi.

Sinyal dipakainya Ayla-Ayla untuk model terbaru Perodua telah diungkapkan langsung oleh orang nomor satu di negeri Jiran, Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak. "erodua akan meluncurkan model terbaru tahun depan. Mobil itu akan menjadi mobil termurah pasar lokal Malaysia," kata Najib Razak dilansir Bernama.

Langkah ambisius itu tidaklah main-main, sebab perusahaan mobil nasional kedua setelah Proton, telah menginvestasikan RM 1.3 miliar (Rp4 triliun) untuk membangun pabrik baru yang akan memproduksi model dengan harga terjangkau.

Pabrik yang berada di Sungai Choh, utara dari Rawang mulai beroperasi pada Oktober mendatang.

Meski begitu belum diketahui secara pasti spesifikasi mobil murah Perodua yang dimaksud Najib Razak. Tapi kemungkinan besar jenis A-segmen, hatchback lima penumpang.

Dilaporkan Paultan, mobil murah itu bakal menjadi suksesor Perodua Viva. Sebelumnya, city car ini memiliki nama "Mini Myvi" atau dikenal dengan sebutan Kancil atau Kelisa.

Kabar yang beredar model tersebut adalah rebadge dari mobil murah Ayla-Agya. Sebuah situs Theophiluschin coba menggambarkan seperti apa wujud Ayla-Agya bila dipasarkan di Malaysia. Secara garis besar tidak ada perbedaan mencolok, hanya emblem dan logo saja yang diganti. (eh)

English Version

Malaysia Cheap Car grimy - Agya Ayla ?
Malaysia's national carmaker , Perodua also attracted cheap car .



Headline - The presence of cheap car Ayla - Agya not only enliven the streets across the country . Cars 1,000 cc Daihatsu - Toyota collaboration was planned to be used as a new variant of the Malaysian automaker , Perodua .

Domestic Marketing Division Head Astra Daihatsu Motor , Rio Sanggau , did not deny the existence of the plan . According to him , Ayla and Agya Daihatsu manufactured in the factory in Karawang , West Java, the future is going to be exported to several countries , including Malaysia .

" Indeed we will export , but not in the near future . Currently we focus on the domestic market because the demand can not be met only by a maximum , " Rio said while talking with the headline , on the sidelines of the Expedition Terios 7 Wonders , Labuan Bajo , Flores , East Nusa Tenggara , last weekend .

Rio explained , Daihatsu factory production capacity is still limited , the total until the end of 2013 only reached 30,000 units , each divided into 15,000 units of two to Ayla and Agya . " Next year the capacity will be increased again , when it meets the domestic market , there is a new export plan , " he added .

Daihatsu is partnering with Perodua to play in the Malaysian market , where Daihatsu Sirion is sold there renamed Myvi .

Signal - Ayla Ayla wore for the latest model Perodua has revealed directly by the number one in the neighbor country , Prime Minister Datuk Seri Najib Razak . " Perodua will launch a new model next year . The car will be the cheapest car local Malaysian market , " said Bernama quoted Najib Razak .

Ambitious step was not messing around , because the second national car company Proton , has invested RM 1.3 billion ( 4 trillion ) to build a new plant that will produce models at affordable prices .

The factory is located in Sungai Choh , north of Rawang began operating in October.

Even so it is not certain specifications cheap car Perodua is Najib Razak . But the most likely type of A - segment , five- passenger hatchback .

Reported Paultan , cheap car that will be the successor to Perodua Viva . Previously , city car has the name " mini Myvi " or known as hare or Kelisa .

The news circulating the model of the car is a rebadge low - Agya Ayla . A site Theophiluschin try describing what form - Agya Ayla when marketed in Malaysia . Broadly speaking, there is no noticeable difference , just emblems and logos are changed . ( eh )

Pfftttttttttt..... protong/perodua pun tak sanggop rancang kereta...  minta tolong Indon...



Rancangan kereta Agya/Ayla ni worang Indonesia...  sila lihat post berikut dibawah...




Last edited by SemarMendemX on 25-10-2013 05:15 PM

Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


 Author| Post time 25-10-2013 04:58 PM | Show all posts
Mark Widjaya: Perancang LCGC Daihatsu Ayla & Toyota Agya                                
September 14, 2013
                       
                                
                        


Setelah menunggu lebih dari setahun, akhirnya pada 9 September 2013, dua mobil murah ramah lingkungan (low cost green car disingkat LCGC), yakni Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang merupakan hasil rancangan putra Indonesia akan diluncurkan di dua tempat berbeda di Jakarta. Daihatsu Ayla digelar di Hotel Indonesia Kempinski dan Toyota Agya di Plaza Timur Gelora Bung Karno Senayan. Dua mobil itu diperkirakan akan diserbu pasar karena harga jualnya di bawah Rp 100 juta per unit.

Namun, ada yang menarik dari peluncuran mobil LCGC itu. Mobil itu ternyata hasil karya rancangan putra Indonesia. Mark Widjaja, pria asal Surabaya inilah yang merancang Ayla dan Agya. Senior Styling Designer PT Astra Daihatsu Motor (ADM) itu berhasil memenangkan kompetisi desain mobil itu di Jepang beberapa tahun lalu. Mark yang menggarap rancangannya selama tiga tahun itu bisa mengalahkan para perancang dari Italia, Prancis, dan Jepang.

Awalnya, saking sibuk dengan sejumlah pameran di beberapa negara, ia dan timnya sempat ragu bisa mengikuti kompetisi rancangan mobil kolaborasi itu. Namun, ia beserta timnya tetap semangat dengan memulai gambar dasar dan hasilnya didiskusikan bersama timnya di styling design. Ternyata, hasil rancangan mereka itulah yang memenangkan kompetisi di Jepang.

Sejak awal ia sudah memikirkan rancangan timnya untuk mobil yang sesuai dengan masyarakat Indonesia. Untuk mobil kompak, orang Indonesia suka yang bentuknya sporty, tapi juga lega dan bisa memuat banyak penumpang dengan harga terjangkau. Padahal, kata dia, mobil sporty itu jarang yang lega.


Widjaja (kedua dari kiri) saat berdikusi LCGC

“Makanya kami rancang dengan berbagai cara sehingga mobil ini lapang. Semua hal inilah yang kami bahas terus hingga akhirnya tercipta mobil yang sekarang ini,” papar Mark.

Secara penampilan, mobil rancangan timnya itu ingin mencuatkan unsur dinamis dan sporty sehingga meskipun masuk dalam segmen LCGC, tapi tetap terlihat elegan. Meskipun mendapat banyak pujian, tetapi Mark merasa pujian itu semestinya ditujukan untuk timnya dan tim lain di divisi Research and Development (R&D) PT ADM di Jakarta.

“Rancangan mobil ini hasil kerja sama saya dan tim. Jadi bukan karya saya sendiri. Selain itu, rancangan kami ini tetap kami bahas bersama engineering design R&D,” ujar pria berusia 35 tahun yang ikut dalam merancang Toyota Avanza Veloz ini.
Beberapa waktu lalu, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Soegiarto mengaku bangga, sebab mobil itu menjadi mobil pertama yang sepenuhnya dirancang putra bangsa dan dibuat di Indonesia secara massal. Bahkan, menjadi mobil pertama yang menggunakan nama Astra.
Berdasarkan catatan, soal merancang mobil, Mark memang sudah memiliki segudang prestasi. Sejak bergabung dengan Daihatsu pada 2003 hingga kini, ia sudah beberapa kali menghasilkan rancangan mobil untuk Daihatsu dan Toyota. Mark pernah merancang Daihatsu Xenia Cross Over Concept untuk dipamerkan pada China Motor Show 2005. Ia juga yang merancang minor change Toyota bB pada 2007 lalu. Mobil itu sudah dipasarkan di Jepang. Mark juga terlibat dalam merancang minor change Daihatsu Terios dan Toyota Rush generasi kedua. Selain itu, Mark juga ikut merancang Daihatsu Move Custom yang sudah dipasarkan di Jepang.
“Sejak usia lima tahun saya sudah mengenal mobil. Saya suka menggambar mobil. Makanya saya menyukai pekerjaan ini,” ujar Mark.
Mark berkisah, ia mengenal mobil karena ayahnya, (alm) Peter Widjaja ketika itu memiliki bengkel karoseri mobil di Surabaya. Mark suka melihat banyak mobil yang “dipermak” di bengkel ayahnya itu. Ia sering mencoba menggambar desain mobil sendiri. Pernah, ketika masih duduk di bangku kelas 2 SD, Mark mengikuti lomba mewarnai yang diadakan Toyota di Surabaya. Ketika itu, ia bukannya ikut mewarnai gambar mobil Toyota Corona yang sudah disediakan panitia, tetapi Mark malah mengubah eksterior mobil itu menjadi mobil versinya sendiri.
“Waktu itu saya sempat ditegur. Saya bilang, semestinya desainnya yang bagus seperti ini,” kata Mark sambil tersenyum.
Mengenai mobil yang ia rancang bersama timnya, Mark mengaku, semuanya itu memiliki cita rasa Indonesia. Ia berharap ke depannya, akan banyak mobil-mobil lainnya yang dirancang oleh putra bangsa.
Sumber: beritasatu.com (9/9/2013)


Muleysia Version


Mark Widjaya : Perancang LCGC Daihatsu Ayla & Toyota Agya
September 14 , 2013


   


Setelah menunggu lebih dari setahun , akhirnya pada 9 September 2013, dua kereta murah mesra alam (low cost green car disingkat LCGC ), yakni Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang merupakan hasil rancangan putra Indonesia akan dilancarkan di dua tempat berbeza di Jakarta. Daihatsu Ayla digelar di Hotel Indonesia Kempinski dan Toyota Agya di Plaza Timur Gelora Bung Karno Senayan. Dua kereta itu dijangka akan diserbu pasaran kerana harga jualnya di bawah Rp 100 juta per unit .

Namun , ada yang menarik dari pelancaran kereta LCGC itu . Kereta itu ternyata hasil karya rancangan putra Indonesia . Mark Widjaja, lelaki asal Surabaya inilah yang merancang Ayla dan Agya . Senior Styling Designer PT Astra Daihatsu Motor ( ADM ) itu berjaya memenangi pertandingan reka bentuk kereta itu di Jepun beberapa tahun lalu. Mark yang menggarap rancangannya selama tiga tahun itu boleh mengalahkan para perancang dari Itali, Perancis , dan Jepun.

Awalnya, saking sibuk dengan beberapa pameran di beberapa negara , ia dan pasukannya sempat ragu boleh mengikuti pertandingan rancangan kereta kolaborasi itu . Namun, ia beserta pasukannya tetap semangat dengan memulakan gambar dasar dan hasilnya dibincangkan bersama pasukannya di styling design. Ternyata , hasil rancangan mereka itulah yang memenangi pertandingan di Jepun.

Sejak awal ia sudah memikirkan rancangan pasukannya untuk kereta yang sesuai dengan masyarakat Indonesia. Bagi kereta kompak , orang Indonesia suka yang bentuknya sporty, tapi juga lega dan boleh memuatkan ramai penumpang dengan harga yang berpatutan . Padahal, kata dia , kereta sporty itu jarang yang lega.



Widjaja ( kedua dari kiri ) saat berdikusi LCGC

" Makanya kami rancang dengan berbagai cara sehingga kereta ini lapang. Semua hal inilah yang kami bahas terus hingga akhirnya tercipta kereta yang sekarang ini, "papar Mark .

Secara penampilan , kereta rancangan pasukannya itu ingin mencuatkan unsur dinamik dan sporty sehingga meskipun masuk dalam segmen LCGC , tapi tetap kelihatan elegan. Walaupun mendapat banyak pujian, tetapi Mark merasa pujian itu semestinya bertujuan untuk pasukannya dan pasukan lain di bahagian Research and Development ( R & D) PT ADM di Jakarta.

" Rancangan kereta ini hasil kerja sama saya dan pasukan. Jadi bukan karya saya sendiri. Selain itu , rancangan kami ini tetap kami bahas bersama engineering design R & D, "ujar lelaki berusia 35 tahun yang ikut dalam merancang Toyota Avanza Veloz ini


Beberapa waktu lalu, Presiden Pengarah PT Astra International Tbk Prijono Soegiarto mengaku bangga, sebab kereta itu menjadi kereta pertama yang sepenuhnya direka putra bangsa dan dibuat di Indonesia secara besar-besaran. Bahkan , menjadi kereta pertama yang menggunakan nama Astra.

Berdasarkan catatan , soal merancang mobil , Mark memang sudah mempunyai segudang prestasi. Sejak menyertai Daihatsu pada 2003 hingga kini, ia sudah beberapa kali menghasilkan rancangan kereta untuk Daihatsu dan Toyota. Mark pernah merancang Daihatsu Xenia Cross Over Concept untuk dipamerkan pada China Motor Show 2005. Ia juga yang merancang minor change Toyota bB pada 2007 lalu . Kereta itu sudah dipasarkan di Jepun. Mark juga terlibat dalam merancang minor change Daihatsu Terios dan Toyota Rush generasi kedua. Selain itu , Mark juga ikut merancang Daihatsu Move Custom yang sudah dipasarkan di Jepun.

" Sejak usia lima tahun saya sudah mengenal kereta . Saya suka menggambar kereta . Makanya saya menyukai pekerjaan ini , "ujar Mark .

Mark berkisah , ia mengenal kereta kerana ayahnya, ( alm ) Peter Widjaja ketika itu mempunyai bengkel karoseri kereta di Surabaya. Mark suka melihat banyak kereta yang " dipermak " di bengkel ayahnya itu. Ia sering cuba menggambar desain kereta sendiri . Pernah , ketika masih duduk di bangku kelas 2 SD , Mark mengikuti lomba mewarnai yang diadakan Toyota di Surabaya. Ketika itu, ia bukannya ikut mewarnai gambar kereta Toyota Corona yang sudah disediakan panitia, tetapi Mark malah mengubah luaran kereta itu menjadi kereta versinya sendiri .

"Waktu itu saya sempat ditegur. Saya bilang, semestinya desainnya yang bagus seperti ini, "kata Mark sambil tersenyum.

Mengenai kereta yang ia rancang bersama pasukannya , Mark mengaku , semuanya itu mempunyai cita rasa Indonesia. Ia berharap ke depannya , akan banyak kereta-kereta lain yang direka oleh putra bangsa.

dohhh nak klaim lagi....... sememangnya kereta rancangan Indonesia patut dipertimbangkan didaftarkan kat UNESCO.

pang pung pang pung...  ambik juga desain kereta dari Indon...


Last edited by SemarMendemX on 25-10-2013 05:08 PM

Reply

Use magic Report

 Author| Post time 25-10-2013 04:58 PM | Show all posts

Agya










Ayla












Engine : 1KR-DE khusus untuk pasar Indonesia, 3 Cylinder, 1000 cc
Power : 65 PS/6000 rpm
Torsi : 85 Nm/3600 rpm
Dimensi 3580 x 1600 x 1530 mm
WheelBase 2450 mm
Radius Putar : 4.4 meter
Berat 745 kg
Velg 175/65/R14
Rem : Depan Disk Brake, Belakang Tromol.
Konsumsi BBM klaim 1 liter : 20-25 km
Kecepatan Maksimum : 150 km/jam
Plat Body = 0.7 mm
Harga : Rp 75-110 Juta





Last edited by SemarMendemX on 25-10-2013 05:13 PM

Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:10 PM | Show all posts
Berambus la ko indon..menyemak je dtg msia, tu ko punya rakyat bangsat jadi jaga palsu dah merompak dan bunuh org kat sini..lagi nak bangga....sial..
Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:12 PM | Show all posts
dey pak semertilem..pi tolong tangkap penjenayah yindon yang duk bunuh pekerja ambank tu...kalau dah balik ke yindon i harap kerajaan indon bantu tangkap penjenayah keparat nih
Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:16 PM | Show all posts

...Ndon, Astra tu sama macam UMW Toyolta kat Msia....






Reply

Use magic Report

Follow Us
Post time 25-10-2013 05:16 PM | Show all posts
kesian... design  sampai jupun.. last2 negara luar gak buleh merasa design tuh...

rakyat sendiri xbrapa nak ade....
Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:19 PM From the mobile phone | Show all posts
Cilake punya indon...byk mkn taik minum air longkang masuk malaya bunuh orang...
Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


Post time 25-10-2013 05:21 PM | Show all posts
Negara aku, ramai rakyatnya merasa pakai motor dan kereta buatan negara sendiri.

Negara ko Indon???

Kat Banjarmasin pun ada yg tak mampu guna kereta beb.
Reply

Use magic Report

 Author| Post time 25-10-2013 05:21 PM | Show all posts
pyropura posted on 25-10-2013 05:16 PM
...Ndon, Astra tu sama macam UMW Toyolta kat Msia....

wak.... enggineer muleysia dah x sanggop rancang kerete sundrik??? bangga sekali tunjuk sana sini.... terakhir masih ambik rancangan kereta indon......

jenama kebanggan muleysia hanya sanggup rebadge dari indon.....
Reply

Use magic Report

 Author| Post time 25-10-2013 05:22 PM | Show all posts
SulurBidar posted on 25-10-2013 05:21 PM
Negara aku, ramai rakyatnya merasa pakai motor dan kereta buatan negara sendiri.

Negara ko Indon? ...

kebanggan semu... last2.... ambik rancangan dari indon....
Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:26 PM | Show all posts
Lebih tragik ... kereta murah-pun yang hanya cocok dengan negara miskin-pun hendak dibuat di Malaysia ...

Lebih tragik lagi nasib Protong ....sudah tak laku di jual di Indonesia... eh malah ditolak menjadi participant di Indonesia International Motor Show 2013 yang lalu ... Takut keretanya diolok-olok nanti?..

JAKARTA strong  – Manufacturers from Malaysia, Proton, under the banner of Proton Edar Indonesia (PEI), said he is stepping down from the stage automotive IIMS 2013. This continuing trend is too bad they missed at IIMS 2012.
“The resignation was not merely a sudden and easy decision because it has been thinking long and hard, because it involves many stakeholders who have worked hard to prepare themselves in IIMS 2013,” said Mohd. Asri Bin Khayan, President Director of PEI. Okezone in a release received on Saturday (09/21/2013).

PEI considers the placement location in IIMS 2013 Proton less strategic, just as it had been revealed Johnny Darmawan, chairman organizing committee IIMS 2013.
However Mohd. Asri Bin Khayan also added, “until the end of 2013, PROTON has planned some great events, and therefore PROTON expects darimedia publicity and attention and of automotive enthusiasts in the homeland”.
Official Proton operates in Indonesia since 2007, since then PEI has a lot to sell many of their products, including the Savvy, Gen 2, GEN.2 Persona, Waja, Wira, Neo, Saga, Exora, Persona Elegance, Neo CPS, Saga FL, Exora Star, Exora Star Executive and Exora Star Supreme.
strong (zwr)  



.
Last edited by mdalipunte on 25-10-2013 05:36 PM

Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:28 PM | Show all posts
bro semar tahan dulu buat thread2 tentang indonesia, maklum sebagian forumer malaysia sedang pening
Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:38 PM | Show all posts
Sorry la.

Bukan saja model Perodua yang bakal dikeluarkan di Rawang adalah hasil rekabentuk bersama oleh Perodua dan Daihatsu. Malah enjin juga adalah hasil rekabentuk jurutera Perodua dan Daihatsu sebagaimana enjin K3VE dulu.

Ada khabar angin mengatakan kilang baru enjin aluminium yang akan siap tahun depan majoriti dimiliki okeh Daihatsu sebab sebahagian besar enjin akan dieksport ke negara Asean terutamanya indonesia.
Dari laporan akhbar yang memberikan dua angka berlainan untuk kos pembinaan kilang baru Perodua berkapasiti 100,000 setahun  iaitu 790j rgt serta 1.3b rgt, aku pikir pasti benar khabar angin itu.  Harga untuk satu kilang kereta bersepadu dengan kapasiti 100,000 hanya sekitar 790j sahaja.  Jika ada angka yang mencecah 1.3 bilion rgt itu ertinya kilang enjin yang dibina sekali akan berkapasiti lebihkurang 500,000 setahun.

Last edited by BotakChinPeng on 25-10-2013 05:42 PM

Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:39 PM From the mobile phone | Show all posts
advark posted on 25-10-2013 05:28 PM
bro semar tahan dulu buat thread2 tentang indonesia, maklum sebagian forumer malaysia sedang pening: ...

Cadangan bernas.
Bagi chance dekat dorang ambil nafas. Nampak sudah nyawa nyawa ikan. "p
Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:42 PM | Show all posts
SemarMendemX posted on 25-10-2013 05:21 PM
wak.... enggineer muleysia dah x sanggop rancang kerete sundrik???  bangga sekali tunjuk  ...


...Ndon, sejak bila Toyolta tu  jadi kompeni Indon...??




Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


 Author| Post time 25-10-2013 05:44 PM | Show all posts
BotakChinPeng posted on 25-10-2013 05:38 PM
Sorry la.

Bukan saja model Perodua yang bakal dikeluarkan di Rawang adalah hasil rekabentuk bersa ...

  • bull shit....




Selasa, 22 Oktober 2013 | 19:57 WIB
Indonesia-Thailand Kuasai Pasar Otomotif ASEAN


Seorang pekerja mengontrol ratusan mobil Honda Freed siap ekpor di Pabrik Honda Prospect Motor(HPM), Ciampel, Karawang, Senin(14/12). (TEMPO/Andika Pradipta)
                                                                                   
                                       
TEMPO.CO, Jakarta - Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D. Sugiharto, mengatakan Indonesia dan Thailand akan terus menguasai pasar otomotif di Asia Tenggara. Sebab dua negara ini mampu memasok 88 persen kebutu*an mobil ASEAN yang diperkirakan mencapai 3,6 juta unit tahun ini.

Menurut Jongkie, hingga Agustus 2013 produksi mobil di Thailand mencapai 1,7 juta unit sementara di Indonesiasebesar 800 ribu unit. Jika dibandingkan, porsi penguasaan Thailand jauh lebih besar karena produksinya berbasis ekspor.

Sebagai bukti, kata Jongkie,Thailand banyak memproduksi sedan yang memiliki tingkat penjualan global tertinggi. "Sebaliknya, produksi sedan Indonesia lebih rendah karena terbentur pajak yang tinggi," kata dia dalam diskusi panel dialog bisnis Indonesia-Uni Eropa di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2013.

Di antara negara-negara ASEAN, Thailand membukukan nilai ekspor otomotif terbesar yakni US$ 136 miliar pada 2012. Indonesia mengekor di posisi kedua dengan nilai ekspor US$ 4,7 miliar, diikuti Malaysia sebesar US$ 1,7 miliar. Tujuan utama ekspor mobil Thailand adalah Australia, Indonesia, dan Malaysia. Sementara tujuan utama ekspor mobil Indonesia adalah Thailand, Arab Saudi, dan Filipina.



Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:44 PM | Show all posts
pyropura posted on 25-10-2013 05:42 PM
...Ndon, sejak bila Toyolta tu  jadi kompeni Indon...??

lu sejak dapat ic merah ni...

bukan main eks lagik..

sanggup kutuk tanah jawa tanah tumpah darah lu...

dasar kacang lupa kulit...



Reply

Use magic Report

 Author| Post time 25-10-2013 05:46 PM | Show all posts
malaysia hanya selevel budak tadika di market ekspor otomotif ASEAN.

memasok 88 persen kebutu*an mobil ASEAN
Reply

Use magic Report

Post time 25-10-2013 05:46 PM | Show all posts
SemarMendemX posted on 25-10-2013 05:22 PM
kebanggan semu... last2.... ambik rancangan dari indon....

Owhh... dqihatsu tuh asal indonesia yer.... mati2 aku ingat selama nih daihatsu tuh company jepun.... indon ada kereta nasional ker..? Wakakaa
Reply

Use magic Report

You have to log in before you can reply Login | Register

Points Rules

 

ADVERTISEMENT


Forum Hot Topic

 

ADVERTISEMENT


 


ADVERTISEMENT
Follow Us

ADVERTISEMENT


Mobile|Archiver|Mobile*default|About Us|CariDotMy

22-10-2024 04:52 PM GMT+8 , Processed in 0.096356 second(s), 34 queries , Gzip On, Redis On.

Powered by Discuz! X3.4

Copyright © 2001-2021, Tencent Cloud.

Quick Reply To Top Return to the list