CARI Infonet

 Forgot password?
 Register

ADVERTISEMENT

View: 95117|Reply: 248

Bahasa Minangkabau

[Copy link]
Post time 2-3-2006 03:48 PM | Show all posts |Read mode
Kawan2,
marilah awak sadoe balaja dan berkecek2 di siko.

heheheh

Rate

1

View Rating Log

Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


Post time 2-3-2006 05:18 PM | Show all posts
tak dapek eden nak mnolong...
Reply

Use magic Report

 Author| Post time 2-3-2006 05:20 PM | Show all posts
buliah laa, bulan
jom lah awak kecek minang
ka-u gho, buek2 malu lak
balapak kang

kekeke ampun bulan
jgn sepak aku
Reply

Use magic Report

Post time 2-3-2006 05:24 PM | Show all posts
sabau ajo larr....



ps. ghasenyer stakat itu je kot vocab minang teman...kwang3x...
Reply

Use magic Report

 Author| Post time 2-3-2006 05:37 PM | Show all posts
bulan,
esok waden taruak dakek siko
kamus

minang-bm
kalau nak minang-bi pun leh gak

kekekekek
Reply

Use magic Report

Post time 2-3-2006 10:00 PM | Show all posts

Reply #5 Syd's post

syd, ko harus post kamus minang kat sini. nak gak aku blaja.
nama je ada darah minang tapi sepatah haram tak tau!
Reply

Use magic Report

Follow Us
 Author| Post time 3-3-2006 09:15 AM | Show all posts
wokeh wokeh
ari nih aku start taruk kamus

Minang-BM kat sini
Reply

Use magic Report

Post time 3-3-2006 03:38 PM | Show all posts
dima wa'ang syd? urang minang juo ko.

wakden ni ha..induk wakden urang minang selangor..tapi ayah urang minang asa dari pagar ruyung sano..

indak la pandai banar wakden cakap minang ko..dangar cakap urang, ghati den..tapi kalau nak beceghito, nakdo den buleh nyo..

Rate

1

View Rating Log

Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


 Author| Post time 3-3-2006 03:47 PM | Show all posts
waden mmg oghang minang kabau
tapi bukan suku jambak katapang jambak aus
suku apo tuh
si kumbang ko apo
heheh waden pun ingek2 lupo
Reply

Use magic Report

 Author| Post time 3-3-2006 03:50 PM | Show all posts
Bahasa Minangkabau
Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Bahasa Minangkabau atau Baso Minang adalah salah satu anak cabang bahasa Austronesia yang dituturkan khususnya di wilayah Sumatera Barat, bagian barat propinsi Riau serta tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Masyarakat penutur bahasa Minangkabau di perantauan umumnya membuka bisnis perdagangan atau rumah makan yang merupakan ladang usaha favoritnya.

Terdapat dua kontroversi mengenai Bahasa Minangkabau dengan Bahasa Melayu. Sebagian pakar bahasa menganggap bahasa ini sebagai dialek Melayu, karena banyaknya kesamaan kosakata dan bentuk tuturan didalamnya. Sedangkan yang lain justru beranggapan bahasa ini merupakan bahasa mandiri yang berbeda dengan

Daerah Sebar Tutur

Selain di Sumatera Barat dan Riau bagian barat, Bahasa Minangkabau juga dituturkan oleh masyarakat Negeri Sembilan, Malaysia yang nenek moyangnya merupakan pendatang asal ranah Minang sejak berabad-abad silam. Bahasa Minang juga menjadi bahasa lingua franca di kawasan pantai barat Sumatera Utara, bahkan menjangkau jauh hingga pesisir barat Aceh. Di Aceh, penutur bahasa ini disebut sebagai Aneuk Jamee.


Dialek

Dialek Bahasa Minangkabau sangat bervariasi, bahkan antar kampung yang dipisahkan oleh sungai sekalipun sudah mempunyai dialek yang berbeda. Perbedaan terbesar adalah dialek yang dituturkan di kawasan Pesisir Selatandan dialek di wilayah Muko-Muko, Bengkulu.

Untuk komunikasi antar penutur bahasa Minang yang sedemikian beragam ini, akhirnya dipergunakanlah dialek Padang sebagai bahasa baku Minangkabau atau disebut Baso Padang atau Baso Urang Awak. Bahasa Minang dialek Padang inilah yang menjadi acuan baku dalam menguasai bahasa Minangkabau.

adat basandi syarak

Rate

1

View Rating Log

Reply

Use magic Report

Post time 5-3-2006 02:14 PM | Show all posts

Reply #9 Syd's post

wakden = eden ek?

kabau la adat perpatih apo tu...
Reply

Use magic Report

 Author| Post time 6-3-2006 05:25 PM | Show all posts
waden : saya, aku, aden, eden etc

adat pepatih? wait.
Reply

Use magic Report

 Author| Post time 6-3-2006 05:36 PM | Show all posts
Sejarah Adat

Pengamal Adat Perpatih sangat sinonim dengan pepatah 慴iar mati anak, jangan mati adat

Rate

1

View Rating Log

Reply

Use magic Report

Post time 6-3-2006 05:37 PM | Show all posts
tak sabau wakden...
Reply

Use magic Report

 Author| Post time 6-3-2006 05:47 PM | Show all posts
a - apa
abai - menyia-nyiakan/tidak memperdulikan
abuak - rambut
aden - saya (agak kasar, ditujukan kepada mereka yang lebih kecil dari kita)
ageh - nyamuk
agiah - beri/kasih
aguik - cemas
aia - air, (aia tajarang) = air sedang dimasak
akiak - nama batu cincin
alah - sudah
alang - elang
alang-alang - layangan
alun - belum
amai tangah - yang sepasukuan (satu suku) dengan kita
ambayan - suami saudara dari isteri (disabuk juo "Pambayan)
ambiak maambiak - kawin mangawini
ambo - saya ( dialog dengan umur diatas kita)
amuah - mau; kadang diucapkan dengan 'namuah'
anak umah - isteri
anak urang - istilah untuk keluarga kemenakan
anciak - letih, capek, penat
ancu - etek/bibi/tante
andia - bodoh/pandir
Angek - panas
angek cik ayam- pada mulanya masih hangat kerja keras, tapi sesudah dingin terhenti/terbengkalai; hangat-hangat tai ayam

Rate

1

View Rating Log

Reply

Use magic Report

Post time 6-3-2006 08:20 PM | Show all posts
ambo anciak lak...
Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


Post time 7-3-2006 11:26 AM | Show all posts
Originally posted by seribulan at 6-3-2006 08:20 PM
ambo anciak lak...


manga wa'ang ancial lak?

(translated: kenapa/mengapa awak letih?)

ni simple vocab yg aku tau:

wa'ang : awak/kamu
kama : kemana
dima : di mana
iko : ini
di siko : di sini
di sinun : di sana
beralek : kenduri kawin
gadang : besar
kaciak : kecil

apa lagi ekk..nanti aku sambung balik....hidup minangkabau...bak kata aznil ..

Rate

1

View Rating Log

Reply

Use magic Report

Post time 7-3-2006 04:19 PM | Show all posts
angek bonar...
Reply

Use magic Report

 Author| Post time 7-3-2006 04:24 PM | Show all posts
kalau angek,
paie lah mandi, bulan
Reply

Use magic Report

Post time 7-3-2006 04:47 PM | Show all posts
alah mandi...hehe...
Reply

Use magic Report

You have to log in before you can reply Login | Register

Points Rules

 

ADVERTISEMENT



 

ADVERTISEMENT


 


ADVERTISEMENT
Follow Us

ADVERTISEMENT


Mobile|Archiver|Mobile*default|About Us|CariDotMy

23-5-2024 02:36 AM GMT+8 , Processed in 0.062408 second(s), 47 queries .

Powered by Discuz! X3.4

Copyright © 2001-2021, Tencent Cloud.

Quick Reply To Top Return to the list