View: 2340|Reply: 0
|
Melihat Peluang Usaha Skala Rumahan
[Copy link]
|
|
Peluang bisnis kopi lumayan luas. Dari tingkat pemuda yang hobi duduk-duduk dijalan, petinggi kantor, masyarakat kaya,
banyak dari mereka sangatlah senang untuk mengkonsumsi kopi sambil mengobrolkan urusan mereka.
Jenjang ekonomi ke bawah semisal buruh dan karyawan biasa pun senang menikmati secangkir kopi sambil mengobrolkan permasalahan yang sedang update, misalnya masalah berita nasional.
Setidaknya ada sebelas tahapan yang harusnya anda pertimbangkan untuk menekuni bisnis kopi.
Cermati dengan seksama sebelas tahapan berikut.
1. Target Pasar
Anda sebaiknya berpikir dengan matang siapa sasaran pasar anda.
Siapakah sasaran utama bisnis kopi ini?.
Berapa pendapatannya?.
Seperti apa pemikiran mereka tentang rasa suatu kopi?.
Komunitas apa saja mereka?.
Anak kuliah, pekerja pasar, kaum borjuis yang suka rapat di angkringan, pegawai kantoran, ataukah para pecinta kopi?.
Menyelidiki pembeli akan mempermudah anda saat memetakan langkah yang akan dijalankan.
Contohnya tempat yang sesuai, serta harga yang sesuai untuk kopi anda.
Bila modal yang anda miliki kecil namun sasaran konsumen anda adalah kelompok tengah ke atas, anda dapat bekerja sama dengan sahabat maupun investor yang ingin mensuplai bisnis kopi anda.
Langkah termudah memperoleh investor ialah dengan cara menghadiri event-event lomba bisnis plan yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga.
Apabila juara, anda akan memperoleh pembiayaan secara cuma-Cuma.
2. Tempat Usaha Kopi
Anda baiknya menentukan tempat yang cukup berpotensi untuk mengawali bisnis kopi.
Lokasi merupakan penentu keberhasilan dalam perjalanan bisnis.
Misalnya saja anda ingin menerapkan konsep warung kopi sederhana, maka anda menentukan wilayah yang berdekatan dengan masyarakat ramai.
Demikian pula apabila anda mau menentukan strategi usaha kopi dengan kafe. Ada baiknya untuk menentukan lokasi yang berdekatan dengan kampus, supermarket, sekolahan, kantor, dll.
Jangan membuat kedai kopi megah di daerah pasar kecil yang sangat kumuh, target konsumen anda tidak akan tertarik dengan kopi anda disebabkan biayanya tinggi.
Begitu juga, baiknya tidak memulai usaha kopi sederhana di pusat kota.
Masyarakat yang berada di sekitar situ susah untuk tertarik untuk melihat warung kopi anda.
3. Mancari Supplier
Ini merupakan langkah yang penting, yang biasanya di anggap tidak penting.
Apabila anda membuka kopi untuk sasaran pasar golongan ekonomi bawah. Anda tidak perlu kawatir mencari produsen, di pasar tradisional begitu banyak penjual kopi hijau.
Beda lagi kalau sasaran anda adalah kelas ekonomi ke atas. Jika anda berencana memiliki penghasilan besar perhari, anda bisa menarget konsumen kopi ini.
Mereka ikhlas membayar besar, oleh sebab itu mereka tepat untuk merasakan kopi terenak yang tidak tertandingi.
Anda bisa saja bersafar ke berbagai daerah untuk memperoleh kopi yang sesuai.
Lakukanlah, itu merupakan ongkos penelitian yang sebaiknya anda usahakan.
4. Rancangan Usaha
Konsep matang untuk bisnis kopi begitu diperlukan sebagai pondasi perjalanan bisnis kopi yang bakal anda jalani.
Dengan adanya konsep yang kuat, pastinya anda bakal lebih mudah di saat menjalankan usaha kopi ini.
Cita rasa kopi yang nikmat memang sangat cocok di dalam diri kebanyakan orang secara luas, anda juga harus merancang skema usaha kopi ini.
5. Khasiat Kopi
Cukup banyak manfaat kopi yang bagus untuk tubuh. Seperti penghambat berbagai penyakit, seperti kanker payudara, jantung, diabetes, migrain, dll.
Wawasan baiknya anda kuasai supaya lebih memahami bagian positif dari kopi ini, dilengkapi sensasi unik, kopi bisa menjadi favorit bagi konsumen.
6. Menu Kopi
Sangatlah penting bagi anda memulai usaha kopi dengan merancang pilihan varian kopi yang anda sajikan.
Adanya berbagai jenis kopi, maka akan memiliki keunggulan unik tentang usaha kopi anda.
Misalnya dengan menggunakan pilihan kopi bertabur berbagai macam aroma, hal ini akan menambahkan kenikmatan yang memikat bila anda menambahkan jenis kopi dengan rasa moka.
7. Pegawai
Pegawai pun menentukan laju bisnis anda, maka dari itu bukan salahnya bila anda memilih pegawai yang dekat dengan lingkungan anda atau mereka yang masih mempunyai ikatan tetangga dengan anda.
Hal di atas sangat mempengaruhi kesiapan, serta potensi diri mereka. Begitu pula dengan rencana bagi pegawai juga baiknya anda rencanakan.
Dengan perencanaan pegawai yang sesuai, seperti seragam dan bentuk pelayanan kepada pembeli, maka akan menimbulkan nilai bagus dari para pelanggan pada bisnis kopi anda.
8. Izin Bisnis
Izin usaha sangat urgen untuk menentukan keresmian usaha yang anda lakukan.
Perlu anda ketahui, dilengkapi perizinan, pastinya anda bakal semakin gampang di dalam memulai atau membesarkan usaha kopi anda.
9. Servis Memuaskan
Konsisten memberikan pelayanan segar dan memuaskan akan sangat menentukan anda ketika menjalankan bisnis.
Hal tersebut akan menjadi sisi positif yang sangat sulit untuk didapatkan oleh pelanggan dari usaha kopi lainnya.
Usahakan bisnis kopi anda sebagai suatu bisnis yang mempunyai etika, karena ini akan menyebabkan timbal balik yang positif dari para pembeli.
Ditambah servis yang bagus dan menyenangkan, anda pun harus mementingkan kehigienis dari tempat yang anda tempati sebagai usaha kopi tersebut.
10. Konsep Ampuh
Tidak ada masalah apabila anda memiliki strategi sampingan untuk menjalankan usaha kopi anda.
Misalnya dengan menambahkannya dengan bermacam-macam menu santapan yang nikmat untuk menjadi sahabat sambil menyeduh kopi. Dengan begitu pelanggan akan semakin dilayani menggunakan pelayanan yang baik.
11. Teknik Pemasaran
Anda mampu melakukan cara online atau offline.
Apabila anda telah melaksanakan konsep bisnis offline, maka anda dapat memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan usaha kopi anda secara online.
Jadi akan semakin banyak yang mengenal bisnis kopi yang sedang anda lakukan.
|
|
|
|
|
|
|
| |
|